Cara Membuat Barcode (QR Code) Lokasi Menggunakan Google Maps

Cara Membuat Barcode

Cara Membuat Barcode (QR Code) Lokasi Menggunakan Google Maps – Diera serba digital seperti sekarang ini sudah banyak kemajuan teknologi yang bisa dinikmati. Setiap kemajuan teknologi tentu mampu mempermudah segala aktivitas. Salah satu kemajuan teknologi yang banyak digemari oleh masyarakat sekarang ini adalah pembuatan barcode untuk menunjukkan lokasi dimana anda berada. Namun, yang menjadi kendala adalah tidak semua orang bisa membuat barcode sendiri. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai cara membuat barcode lokasi melalui Google Maps.

Jika dulu saat menunjukan lokasi menggunakan denah lokasi yang di buat dengan susah maka diera digital ini anda tidak perlu repot – repot membuat denah lokasi, anda cukup membuat barcode dengan menggunakan Google Maps. Salah satu pemanfaatan denah lokasi dalam bentuk barcode ini yaitu untuk undangan baik pernikahan maupun khitanan. Penggunaan barcode ini sangatlah mudah anda tinggal scan kode barcode pada Google Maps maka lokasi tujuan akan langsung terlihat. Kemudahan ini tentu membuat anda penasaran? Berikut ini cara membuat barcode lokasi melalui Google Maps yang bisa anda ikuti dengan mudah.

Inilah Cara Membuat Barcode Lokasi dengan Google Maps yang Paling Mudah Diikuti

Walaupun penggunaan barcode untuk penggati denah loksi ini terkesan mustahil untuk dilakukan, namun ini benar – benar nyata dan bisa dilakukan terutama diera digital seperti sekarang ini. Berikut merupakan cara membuat barcode lokasi yang wajib anda ikuti agar berhasil.

  1. Masuklah Pada Halaman Google Maps

Untuk membuat barcode lokasi anda harus masuk pada halaman Google Maps terlebih dahulu. Pembuatan barcode ini tidak membutuhkan bantuan dari aplikasi khusus, anda hanya harus masuk ke halaman Google Maps yang sudah secara otomatis terpasang pada smartphone anda.

  1. Search Alamat Anda atau Alamat yang Akan Dibuat Barcode

Dalam membuat barcode lokasi yang wajib anda lakukan adalah mencari lokasi alamat anda atau alamat yang akan dibuat barcode. Dalam hal ini anda tidak boleh salah menuliskan alamat. Jika alamat sudah berhasil ditemukan klik kanan dan pilihlah pilihan What’s Here? Maka akan muncul titik koordinat dan keterangan tempat yang dimaksud. Anda cukup klik titik koordinat tersebut.

  1. Share Link

Tahap selanjutnya setelah titik koordinat alamat anda ditemukan adalah klik Share Link pada tab menu di sebelah kiri. Setelah itu centanglah Short URL maka otomatis akan muncul alamat link. Copylah alamat link tersebut kemudian Paste di tab baru dengan menambahkan kode .qr pada alamat link yang telah anda Paste tadi. Kode .qr ini anda letakkan di akhir alamat link. Fungsi dari kode .qr ini adalah untuk memunculkan barcode lokasi anda berdasarkan letak yang tertera pada Google Maps.

  1. Save Kode QR

Tahap akhir dari pembuatan barcode lokasi adalah penyimpanan barcode alamat anda. Setelah semua tahap diatas anda lakukan maka akan muncul barcode lokasi yang langsung terhubung ke Google Maps. Cara penyimpanan barcode lokasi ini sangatlah mudah, anda cukup klik kanan di gambar barcode lokasi anda kemudian pilihlah pilihan Save As maka barcode lokasi anda akan langsung tersimpan dan bisa anda gunakan untuk menunjukkan alamat lokasi tempat tinggal.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai cara membuat barcode lokasi terlengkap melalui Google Maps yang bisa anda lakukan sendiri. Tidak sulit bukan untuk mengikuti langkah – langkahnya? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

You May Also Like

Avatar

About the Author: Sitekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *